Consuming a proper meal with balanced nutritions is one desired needs. Being healthy doesn’t have to be that hard, it can be done on a budget. Of course one’s can eat healthy with less cost, let’s figure this out!

How can one’s have a low grocery bill while having a nutritious meal plan? This was one’s most common questions and the answer is already there. Yes, it is a homemade prepared meal that  feature decent vegetables, grains, and proteins. The good thing is that low cost does not equal with low nutritions. To successfully work this out, one need to made an adjustable meal plan along with the priority list. That was include the grocery buy plan, portion per servings, and menu’s for certain period of time. By doing so, one can eat meal in a healthier way with balanced spending and here are some of the foods that can be considered in the menu:

Protein Source

Eggs

Which side of the egg contains the protein? Yes it’s the white part. This is the winner of one’s on budget protein source, not only because its flexibility, but also for its good protein boost in the daily meal. A single egg can provides about 6 to 8 grams of protein and around 70 calories, thus maximum of two eggs were adequate for adult daily consumption.

Carbohydrate Source

Potatoes

Complex carbohydrate with rich nutrient is considered as a term to define potatoes. It is a good alternative if one was looking for another option other than rice. One medium size of white potatoes can contain around 34 grams of carbohydrate which already meet the one third of adult daily need of carbs. One thing need to be considered when consuming potato is how they affect one blood sugar levels, it is a must to moderate the portion in each servings.

Vegetables

Spinach

This is a popular green leaf that we already familiar with. Spinach is really good for one’s health since it is contain useful nutrients, fiber, and low in calories. Primarily, spinach is rich in iron which improve the quality of the blood and energy levels. An intake of 100 g spinach per day is considered adequate enough to meet the body need.

Fruits

Orange

This well known citrus fruit is believed to be rich in vitamin C and antioxidants. As a part of the healthy diet, oranges may help lower one’s risk of particular diseases. One medium sized orange already contain about 70 mg of vitamin C with some calcium, fiber and sugar. Again, one have to moderate the consumption of orange to meet the daily intake and not compromising health.

A healthy diet can keep you fit and lowers your risk of getting certain types of diseases. Sometimes it can be difficult to have a healthy diet all the time, but it is up to us to adjust the plan with our capacity and needs.

Photo by Fikri Rasyid on Unsplash

Tetap Bugar dengan Konsumsi Makanan Sehat Secara Terjangkau

Mengkonsumsi makanan yang layak dengan nutrisi yang seimbang adalah salah satu kebutuhan yang diinginkan. Menjadi sehat tidak sesulit yang dibayangkan, hal ini dapat dilakukan dengan biaya yang terjangkau. Tentu saja seseorang dapat makan lebih sehat dengan biaya yang lebih murah, mari kita cari tahu!

Bagaimana seseorang dapat berbelanja secara murah sambil memiliki rencana makan bergizi? Ini adalah pertanyaan umum yang dimiliki seseorang dan jawabannya sudah ada di sekitar kita. Ya, itu adalah dengan mempersiapkan makanan rumahan yang mencakup sayuran, biji-bijian, dan protein secara baik. Kabar bagusnya adalah harga yang murah tidak berarti nutrisinya rendah. Untuk dapat berhasil mewujudkannya, seseorang harus membuat rencana makan yang mudah disesuaikan dan daftar prioritas. Hal itu meliputi perencanaan belanja, porsi per hidangan, dan menu untuk jangka waktu tertentu. Dengan melakukan hal tersebut, seseorang dapat mengkonsumsi makanan secara sehat dengan pengeluaran yang seimbang dan berikut adalah beberapa jenis makanan yang dapat dipertimbangkan:

Sumber protein

Telur

Bagian mana dari telur yang mengandung protein? Ya benar, itu adalah bagian putihnya. Telur adalah juaranya dalam sumber protein yang terjangkau, tidak hanya karena fleksibel, tetapi karena kandungan proteinnya yang baik untuk konsumsi harian. Satu buah telur dapat menyediakan sekitar 6 hingga 8 gram protein dan 70 kalori yang menjadikan konsumsi dua buah telur per hari sudah cukup untuk orang dewasa.

Sumber Karbohidrat

Kentang

Karbohidrat kompleks yang kaya nutrisi adalah ungkapan yang dapat menjelaskan kentang. Bahan makanan ini adalah alternatif yang baik untuk seseorang yang mencari pilihan lain selain nasi. Satu porsi kentang putih ukuran sedang dapat mengandung 34 gram karbohidrat yang sudah memenuhi satu per tiga kebutuhan karbohidrat harian. Satu hal yang harus diperhatikan dalam mengkonsumsi kentang adalah bagaimana pengaruhnya terhadap gula darah, porsi kentang yang dikonsumsi harus diatur sesuai kebutuhan.

Sayuran

Bayam

Ini adalah sayuran hijau yang kita sudah kenal dengan baik. Bayam sangat baik untuk kesehatan seseorang karena mengandung senyawa yang berguna, serat, dan rendah kalori. Hal utamanya, bayam kaya akan zat besi yang memperbaiki kualitas darah dan tingkat energi tubuh. Konsumsi 100 g bayam per hari dianggap cukup untuk memenuhi kebutuhan harian.

Buah-buahan

Jeruk

Buah kelompok citrus yang sudah kita kenal dengan baik ini dipercaya kaya akan vitamin C dan antioksidan. Sebagai bagian dari diet sehat, jeruk dapat mengurangi resiko seseorang terkena penyakit tertentu. Satu porsi jeruk ukuran sedang mengandung sekitar 70 mg vitamin C bersama dengan sebagian kalsium, serat, serta gula. Seseorang juga harus mengatur konsumsi jeruknya agar memenuhi kebutuhan harian dan tidak membahayakan kesehatan.

Konsumsi makanan yang sehat dapat menjaga anda tetap bugar dan mengurangi resiko terjangkit penyakit tertentu. Terkadang sulit untuk selalu menerapkan pola makan sehat, tetapi kita harus dapat mengatur rencana sesuai dengan kapasitas dan kebutuhan.

Author : Harlino Nandha Prayudha

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *