Adanya petani milenial merupakan salah satu wujud terealisasinya regenerasi petani yang berperan sebagai penyangga ketahanan pangan di Indonesia. Agrituner Initiative menginisiasi sebuah sesi bernama Agrituner Talk  yang bertujuan untuk menyediakan ruang bagi generasi muda agar lebih mengenal dan tertarik untuk berkecimpung di dunia pertanian. Agrituner Talk baru saja diselenggarakan untuk pertama kalinya pada Minggu, 28 Februari 2021. Sesi kali ini membahas topik tentang bagaimana rasanya bekerja di bidang pertanian yang berhasil diikuti beberapa peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Sebagian besar peserta adalah anak muda yang menjadikan sesi ini lebih seperti diskusi antara teman sejawat. Sesi kali ini dipandu oleh Kartika Nadiyat sebagai moderator dan pemateri diisi Daryl Aziz Afilio yang merupakan Koordinator Warehouse Hub di startup pertanian Sayurbox serta Munida Hasna yang merupakan General Manager Kopi Anjis. Banyak pandangan baru yang bisa dipetik dari pemaparan kedua pemateri. Ternyata untuk menjadi petani tidak selalu identik dengan bercocok tanam di kebun saja, melainkan ada banyak aspek pekerjaan lainnya sehingga seseorang dapat disebut sebagai ‘petani milenial’. Salah satunya dengan bekerja di sektor hilir dengan cakupan kerja meliputi marketing, keuangan, programer dan masih banyak lagi.

Menurut Munida, tugas kita sebagai anak muda yang memiliki ilmu adalah untuk membantu petani dengan pengetahuan dan potensi yang kita punya. Pernyataan ini juga didukung oleh Daryl yang mengatakan bahwa untuk menjadi petani milenial kita harus mau untuk meningkatkan kapabilitas diri seperti memperbanyak soft skill dan hard skill. Dari pemaparan topik kedua pemateri, peserta sangat antusias mengajukan pertanyaan pada saat sesi diskusi. Acara pun ditutup dengan sesi foto bersama.

Dengan adanya sesi Agrituner Talk diharapkan semakin banyak generasi muda yang tertarik pada dunia pertanian. “Pertanian tidak akan mati selama masih ada kehidupan di dunia ini,” jelas Daryl. “Karena kalau bukan kita yang mengurus siapa lagi, kalau bukan kita yang kembangkan siapa lagi,” tambah Munida.

Ditulis oleh: Khairunissa Ainun

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *