Agrituner, Wageningen. Melalui Agrituner Talk edisi ke-4 pada Minggu (20/06), Agrituner Initiative memberikan kesempatan bagi generasi muda untuk mengenal lebih dekat sisi menarik dan manfaat dari pertanian perkotaan.

Dengan tajuk “Urban Gardening and Landscaping”, Agrituner Talk menghadirkan Kak Linda Widiachristy sebagai narasumber. Kak Linda saat ini adalah mahasiswa aktif Magister Urban Environmental Management di Wageningen University and Research, Belanda. Edisi kali ini juga cukup spesial karena dipandu oleh Harlino, Direktur Agrituner Initiative yang juga sedang menempuh pendidikannya di Belanda. Acara hari ini semakin meriah dengan dukungan dari Bakal Tani, BEM KMFP UNPAD, Bandung Sister Cities Youth Forum, Harley Radio Show Podcast, dan Themadaily.

Kak Linda menjelaskan bagaimana urban gardening dan landscaping memiliki peran yang unik untuk menciptakan lingkungan yang asri. Mengenal lebih jauh tentang komponen dari kebun atau lanskap yang dibuat menjadi penting untuk keselarasan penggunaannya yang baik tidak hanya bagi manusia tetapi juga lingkungan. Kak Linda berbagi cerita bahwa ia juga mulai berkebun di rumah dalam skala kecil. “Aku percaya bahwa berkebun atau sekedar merawat tanaman bisa berdampak banyak pada kehidupan kita, bisa jadi bahan obrolan sesama teman dan hobi yang membuat kita selalu merasa senang, apalagi kalau dilakukan secara komunal, manfaatnya akan jadi lebih luas untuk lingkungan”.

Setelahnya, diskusi yang hidup tersaji saat peserta yang datang dari berbagai wilayah dan latar belakang keilmuan aktif berdialog dengan Kak Linda dan Harlino. Peserta cukup antusias untuk mulai berkebun atau membenahi kebun yang sudah ada di rumah. Kuncinya, menurut Kak Linda adalah berani untuk mencoba dan belajar dari pengalamannya. Harapannya, dari Agrituner Talk ini, semakin banyak teman-teman yang tertarik untuk berkebun dan merawat lingkungan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *